Hari Raya St Valentine?

St Catherine dari Sinea, patron bagi melawan api, para pemadam kebakaran, kesakitan, dan para perawat (hari raya: 29 April)

Ada berapa banyak Valentine yang menjadi “Santo” atau Wali atau Orang Suci menurut Gereja Katholik?

Tulisan ini dibuat bukan untuk menanggapi persoalan haram atau tidaknya perayaan Valentine menurut sebagian besar kalangan Islam. Artikel ditulis untuk berbagi “common characteristics” antara Islam dan Katholik (atau termasuk juga Ortodoks) saja. Umat Islam tidak banyak yang mengetahui tentang para santo (Katholik/Ortodoks) yang memiliki hari perayaannya masing-masing. Beberapa santo diakui baik oleh Katholik maupun Ortodoks, beberapa yang belakangan masing-masing mempunyai santo yang diakui sendiri. Dalam hal perayaan tiap-tiap santo ini, sebenarnya umat Islam (khususnya umat Syiah dan kalangan Sufi) juga mempunyai hari-hari raya para imam, para wali, dan bahkan para Nabi, baik itu hari raya maulid (peringatan hari lahir), haul (peringatan hari kematian), dan lain-lain.  Tarekat kami Dawoodiyya misalnya memperingati Hari Raya Enoch (nabi Khidir atau nabi Idris) pada sekitar perayaan Tahun Baru Nawruz; umat Syiah memiliki hari Kasih Sayang yang jatuh setiap tanggal pernikahan Imam Ali dan Bunda Fatimah az-Zahra, juga di Indonesia pesantren-pesantren atau majlis-majlis pengajian lazim diadakan hari haul para sayyid atau para habaib. Beberapa tarekat Sufi, misalnya, mempunyai hari peringatan bagi Rumi, Ibn Arabi, dan Haji Bektash Wali, yang merupakan para santo juga para patron bagi masing-masing tarekat.

St Thomas Aquinas, patron bagi dunia akademik, para filsuf, teolog, mahasiswa, dll (hari raya 28 Januari)

Di samping itu, para santo dalam dunia Katholik dan Ortodoks juga menjadi patron atau pelindung bagi perkara-perkara tertentu; atau bahasa mudahnya mereka punya spesialisasi menolong mendoakan dalam hal-hal tertentu. Misalnya, St. Agatha (5 Februari) adalah patron bagi para penderita kanker payudara, St Martha [ra] (29 Juli) adalah patron bagi dunia masak-memasak, dst. Dua rumah sakit terkenal di Indonesia yaitu St Carolus di Jakarta dan St Borromeus di Bandung bapa patronnya adalah St Carolus Borromeus (hari raya: 4 November) yang merupakan patron bagi sejumlah penyakit selain juga patron bagi para seminarian, dan para pembimbing spiritual, serta patron bagi Universitas Gregoriana, universitas pertama ordo Jesuit yang dikenal sebagai kaum cendekiawan. Yang menarik Nabi  Yahya [as] (24 Juni) adalah patron bagi kota-kota seperti Puerto Rico dan Sungai Yordania, bahkan patron bagi persaudaraan Freemason.

Begitu pun dengan umat Katholik (dan umat Ortodoks).  Ibunda Maria (as) yaitu Bunda Hannah (ra) atau St. Anna hari rayanya jatuh pada tiap tanggal 26 Juli (atau 25 Juli menurut kalender gereja Timur).

Terdapat lebih dari 15 orang Valentine yang telah dianggap sebagai santo dan beatta [dalam gereja Katholik ‘maqam’ seorang Wali mula-mula adalah beatta, setelah resmi dibeatifikasi, lalu santo, setelah resmi dikanonisasi].

Yang paling terkenal tentunya adalah St. Valentine yang menjadi patron bagi cinta sepasang kekasih (bagi pernikahan, pertunangan, keluarga); bahkan juga patron bagi peternak lebah, orang muda, pengembara, orang pingsan dan penderita epilepsi. Walaupun tidak diketahui dengan pasti riwayatnya, dan juga tidak diketahui berapa banyak St. Valentine yang dimaksud sebagai patron itu, St Valentine ini kemungkinan adalah yang gugur syahid bersama St. Marius dan keluarga dibawah siksaan Raja Claudius II (saat ini, Kuil Claudius yang terkenal berada di bawah biara kongegrasi Pasionis yang terkenal). Beliau adalah pendeta di kota Roma yang dihukum mati pada Februari 14 269 M (dan dimakamkan di Jalan Flaminia, Roma) karena enggan meninggalkan iman Kristennya di bawah perintah kekaisaran Claudius. Beliau ditangkap karena menolong umat Kristen melakukan pernikahan dan membantu umat Kristen yang dieksekusi. Paus Gelasius pada 496 M menetapkan setiap tanggal 14 Februari adalah hari raya memperingati kesyahidan St Valentine. Dalam ikon-ikon beliau lazim digambarkan bersama burung-burung dan bunga-bunga mawar.

Sumber lain menyebut bahwa St. Valentine adalah sekelompok santo yang martir pada masa Romawi kuno, sebagai sebuah sebutan kepada mereka yang kuat, gagah perkasa dan mulia (valens). Konon mereka yang diperingati tiap tanggal 14 Februari ini tidak diketahui kecuali nama (pemimpinnya?) dan bahwa dia dimakamkan di Jalan Flaminia di utara Roma pada 14 Februari dan lahir pada 16 April. Juga, pada mulanya tidak diketahui apakah perayaannya untuk seorang santo sajaa tau untuk sekelompok martir yang dimaksud. Sebab itu sejak tahun 1969 ia tidak terdapat dalam kalender liturgi secara universal. (Tetapi dalam kalender liturgi yang saya dapatkan dari kampus, nama beliau tercatat). Walau demikian, St Valentine Prebyster dan para martir (Valentinians) tetap dipandang sebagai martir yang patut diperingati oleh umat Katholik. Yang menarik, umat Ortodoks Timur memperingati St Valentine Prebyster pada 6 Juli dan Hierormartir St Valentine, uskup Interamna, Terni di Italia, dirayakan pada 30 Juli.  Juga termasuk sejumlah anggota Gereja Ortodoks Yunani yang bernama Valentinos maupun Valentina, dirayakan pada 14 Februari – berbeda dengan lainnya, Gereja Ortodoks Yunani tidak mempunyai St Valentine (sendirian) dan tidak diperingati pada 30 Juli seperti gereja tetangganya.

Uskup di Trier, Jerman pada tahun 305 M  juga bernama St. Valentine. Beliau adalah martir di bawah siksaan Kaisar Diocletian pada tahun 305 M dan hari raya-nya jatuh tiap 16 Juli.

Pada tahun yang sama, 305 M, juga terdapat St Valentine lain, bersama-sama dengan Navalis, Concordius, dan Agricola di Ravena, Italia yang menjadi martir karena iman Kristiani mereka. Kendati St Peter Chrysologus menyatakan bahwa hanya St Apollinaris saja yang gugur syahid di Ravenna pada masa itu, tetapi  dianggap pula bahwa mereka adalah para martir Valentines yang syahid di Ravena. Hari raya mereka jatuh pada 16 Desember.

St Carolus Borromeus, patron bagi penderita sariawan, sakit perut, bagi para seminarian (calon pastor), pembimbing spiriual, dll. (Hari raya: 4 November)

Dua tahun kemudian (307 M), Uskup Genoa di Italia sejak tahun 295 wafat dan berjasa mengembangkan kehidupan monastik pada zamannya. Uskup ini juga bernama St. Valentine, dan reliknya ditemukan pada 985 M. Hari raya beliau adalah setiap tanggal 2 Mei.

Pada abad ke-4 M, seorang Uskup Strasbourg dari Perancis juga dikenal sebagai St. Valentine. Beliau dipandang berjasa bagi perkembangan keuskupannya dan diperingati tiap tanggal 2 September.
St. Valentine dari wilayah Italia lain adalah seorang uskup di Rhaetia, sebuah wilayah Romawi di sebelah utara Italia dan selatan Danube sekarang. Wafat pada tahun 470M di daerah yang kini disebut Tyrol, Austria. Hari peringatannya adalah setiap 7 Januari.
Seorang martir dari Carthage yang kukuh mempertahankan imannya adalah juga St. Valentine dan Dubatatius. Hari raya mereka diperingati tiap 17 November.
Salah seorang martir yang tewas bersama Germanus di Alexandria (Mesir) pada 29 April juga dikenal sebagai St Valentine. Saya belum menemukan catatan menjelaskan tentang beliau sebagai martir dari gereja di Timur.

St. Valentina

St. Valentina adalah seorang martir perempuan perawan yang tewas dalam eksekusi di Palestina semasa pemerintahan Kaisar Galerius (305-311). Beliau ditangkap karena melakukan protes terhadap pemerintah Romawi, dan dibakar bersama-sama  Thea sampai hangus.

Di Viterbo Italia, pada tahun 304 M, sekelompok umat Kristen disiksa di bawah perintah Kaisar Diocletian. Di antara mereka adalah Valentine seorang pendeta dan diakonnya yang bernama Hilary. Hari raya mereka diperingati pada 3 November.
Di Salerno, Italia, seorang uskup bernama St Valentinian juga diperingati tiap tanggal 3 November.

Pada tahun 1988 Paus Yohanes Paulus II mengkanonisasi seorang uskup dan martir yang gugur di Vietnam yang dikenal sebagai St Valentine Berrio-Ochoa. Berasal dari Ellorio, Spanyol, beliau menjadi anggota Ordo Dominikan (tarekatnya St Thomas Aquinas), dan kemudian dikirim ke Filipina. Pada tahun 1858 beliau pergi ke Vietnam dan mengabdi di sana. Pada tahun 1861 beliau gugur syahid dibunuh oleh musuh-musuh gereja. Beliau diperingati tiap 1 November.

Beatta Valentin (Valentinus) Paquay berasal dari Belgia, dan anggota ordo Fransiskan (tarekatnya St. Fransiskus Assisi). Lahir pada 1828 dan wafat pada 1905. Terlahir sebagai Jan Louis, dan kemudian dikenal sebagai Bapa Kudus Kecil dari Hasselt, adalah seorang Friar Minor. Pada 9 November 2003 beliau dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan tanggal 1 Januari sebagai hari wafatnya dijadikan sebagai hari peringatan untuk beliau.

MARTIR CINTA

St. Gianna Beretta Molla (1922-1962) adl seorang ibu yang dikanonisasi pada tahun 2004. Dirayakan tiap 28 April pada hari wafatnya. Patron bagi para ibu, bayi prematur dan para dokter.

Para wali atau juga para santo dari dunia Islam dan dari dunia Katholik tidak selalunya adalah seorang cendekiawan, seorang ulama atau seorang pastor dan seorang biarawati. Banyak para santo Katholik adalah orang awam (lay) dan di dalam Islam kita mengenal wali wanita bernama Rabia Al Adawiyah yang dahulunya seorang budak, Bilal bin Rabah juga seorang wali yang juga seorang mantan budak. Memperingati para santo dan atau para wali yang terpenting bukan hanya seremonial belaka. Jika umatnya meyakini melakukan doa tawassul atau doa intersesi melalui mereka tanpa mengambil semangat, roh atau spirit perjuangan mereka semasa hidup mereka, apalah artinya?

Di seluruh dunia selalu ada mereka yang siap gugur dan mati syahid untuk membela iman dan keyakinan mereka. Jika umat Islam membunuh seorang  karena ia teguh menganut iman Kristennya, umat Kristen akan menganugerahinya gelar santo. Begitu pun sebaliknya, gelar syahid atau wali kekasih Allah bagi mereka yang teguh membela iman Islam mereka. Namun, St. Valentine tidak gugur sia-sia untuk mereka yang mengartikan cinta sebatas hawa nafsu dan syahwat belaka. Para Troubadors mengkritik cinta semacam ini melalui sajak-sajak romantis mereka yang mengembalikan makna cinta sejati dan cinta murni. Rabia alAdawiya menolak lamaran cinta Hasan alBasri, sebagaimana Fransiskus Assisi dan Claire Assisi memberikan contoh tentang mungkinnya cinta kasih tanpa saling memiliki. Dunia kita hari ini, sayangnya, kendati dilimpahi dan dibanjiri oleh informasi tentang cinta, semakin jauh dan asing dari cinta semacam ini. Cinta yang diajarkan Yesus dan Imam Husein  serta para murid Yesus dan para imam lain dalam pengorbanan mereka…Cinta yang diajarkan Rumi, Hafiz, AlGhazali, Radia, Ibn Arabi, Haji Bektash, Yunus Emre, dan para darwis dari dunia Kristen maupun Islam lainnya…Mereka telah menjadi martir bagi Cinta, mereka syahid dalam Cinta…Entah, dapatkah kita mengikut teladan mereka? Ataukah hanya berpesta pora merayakan mereka atau hanya duduk berdoa melalui mereka demi kepentingan kita sendiri?

Semoga tidak, tidak hanya demikian….SELESAI. [Roma, 10 Februari 2011, di atas reruntuhan Kuil Claudius, di atas biara Pasionis]

St Gabriel of the Sorrowful Mother dan St Gemma Galgani dua santo Passionis. St Gabriel adalah patron bagi pemuda, ulama Katholik, dan seminarian (hari raya: 27 atau 28 Februari), St Gemma adl patron bagi penderita TBC, spinal, pelajar, apoteker, dll. (dirayakan tiap 16 Mei oleh para Passionis)

7 responses to “Hari Raya St Valentine?

  1. don Ignazio Andrea

    Santu yang dikenang sebagai pelindung orang-orang yg lagi ‘jatuh cinta’, itu Santu Valentinus dari Terni (Uskup) dan diperingati sebagai Santu bukan hanya dari kalangan Gereja Katolik tetapi juga Ortodoks dan Anglikan.
    Jadi, sangat tidak pasti kalau itu diidentikkan dengan Santu Valentinus (imam) yang menjadi martir di bawah Kaiser Claudius (Claudio il Gotico) yang dimakamkan di Catacombe Via Flaminia.

    • Terimakasih Romo atas tanggapannya. Saya pun hanya merangkai beberapa sumber dari sumber-sumber Katholik. Memang benar adanya bahwa sebagian besar santo juga dperingati oleh gereja selain Katholik, juga Orthodoks, Anglikan, bahkan sebagian gereja Protestan pasti menghormati para santo Bapa-bapa Perdana Gereja.

  2. mohon dijelaskan pada kalimat 2 paragraf terakhir kak ( Jika umat Islam membunuh seorang karena ia teguh menganut iman Kristennya), sy kurang paham.mksh

    • gayatri wedotami

      Maksudnya dalam perang-perang di masa lalu,khususnya pada abad pertengahan, banyak umat Kristen membunuh umat Islam dan begitu pula sebaliknya. Masing-masing membela imannya. Masing-masing kelompok menganugerahi mereka gelar santo atau martir atau mereka yang syahid, para prawira. Kalau sudah yang namanya agama, banyak orang selalu siap membelanya sampai mati.

      • gayatri wedotami

        Versi sejarah satu kelompok dengan yang lainnya selalu berbeda tetapi motifnya sama.
        Umat Islam tidak bersih dari noda sejarah, terkadang ini hendak diluputkan dalam kenangan umat Islam sendiri. Sebab kekuasaan di mana-mana sama saja, haus akan darah dan demi kekuasaan dapat mengambil kendaraan bernama agama, dan orang-orang yang tulus bersedia gugur demi agamanya. Perang Salib adalah bukti di mana umat Kristen yang tulus dimobilisasi untuk memerangi umat Islam dan umat Yahudi. Tetapi dalam sedikit sebanyak kasus-kasus dalam kesultanan-kesultanan Islam, tidak sedikit umat Kristen menjadi martir karena membela diri sebagai kaum minoritas, juga umat-umat minoritas lain, termasuk umat Islam dari mazhab lain. Dalam fakta-fakta sejarah lain, kekuasaan memang kejam. Kaisur-kaisar Romawi misalnya memang membunuh ratusan umat Kristen. Ratu Spanyol demi merebut kembali wilayah-wilayahnya mengeksekusi banyak umat Islam.

  3. Chatarina Retno

    Mbak, saya mau bertanya bagaimana tentang isu-isu yang sangat hangat saat ini di negeri kita tercinta, ya isu tentang “SARA,” islamisasi dan kristenisasi, dan juga tentang kelompok-kelompok yang menginginkan dirubahnya ideologi Bangsa kita dari berideologi Pancasila menjadi sistem Khalifah.. Hmm maaf aku masih awam ilmu dalam hal ini. Mohon bimbingannya.

    Chatarina Retno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s