“La Taghdab”, kata Rasullullah

JANGAN MARAH

Seorang lelaki Arab datang menemui Rasulullah SAW meminta nasehat kepada beliau. Rasulullah SAW menjawabnya dengan sebuah kalimat singkat: “La taghdab” yang berarti “Jangan marah.”

Lelaki itu pun merasa puas dengan nasehat singkat itu, lalu kembali menuju kabilahnya. Secara kebetulan begitu dia sampai di tengah-tengah masyarakat kabilahnya, dia dihadapkan pada sebuah situasi ketika mereka sudah siap berperang dengan kabilah lain karena suatu permasalahan.

Pada mulanya, lelaki itu secara tidak sadar terbawa emosi dan tersulut fanatik kesukuan. Dia tergerak untuk ikut bertempur membela sukunya. Dia kenakan semua perlengkapan perang dan langsung bergabung dalam barisan kabilahnya. Pada saat itulah, dia teringat nasehat Rasulullah SAW yang mengajaknya untuk tidak mudah marah dan naik pitam.

Dia berhasil meredam amarahnya dan sejenak merenung. Dia berpikir apa gunanya dua kelompok masyarakat tanpa alasan yang jelas saling membunuh dan menumpahkan darah. Dia pacu kudanya ke arah musuh dan menanyakan duduk persoalannya.

Akhirnya, dia bersedia memberikan ganti rugi dan apa yang menjadi tuntutan mereka dari harta pribadinya. Kemuliaan pribadi dan kebesaran jiwa lelaki itu disambut baik oleh musuhnya. Mereka pun segera mengurungkan niat untuk menyerbu.

Api amarah dan dendam seketika padam oleh sejuknya air kebijaksanaan, hati nurani, dan akal sehat. Nasehat pendek Rasulullah SAW yang mulia berhasil menyelamatkan ratusan jiwa.

(Dikutip dari Syahid Muthahari, “Bist Guftar”, hal 194. Dalam “Kumpulan Hikayat Penuh Hikmah: Mengawinkan Anak Sebelum Lahir” karya Muhd. Jawad Shohibi).

One response to ““La Taghdab”, kata Rasullullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s