Yesus Kristus dalam Riwayat Ahlulbait

DSCN1649

Rasulullah berkata,

“Yesus putra Maria berkata  kepada Yahya putra Zakaria [Yohanes Sang Pembaptis]

‘Jikalau ada yang dikatakan tentang engkau adalah benar, kemudian mengetahui bahwa itu adalah dosa yang telah kamu yang lakukan, maka mintalah ampun Tuhan akan hal itu, dan jikalau apa yang dikatakan tentang tidaklah benar, kemudian ketahuilah bahwa suatu perbuatan baik telah dicatat untukmu dalam hal ini, yang engkau tidak perlu mengerjakannya.’ ”

(Bihar al-Anwar, xiv, 287) 

,

~

BabyJesusMary

1. Dosa

Telah diriwayatkan bahwa Imam Ja’far as-Sadiq (as) berkata: “Yesus putra Maria telah melewati sekelompok orang yang sedang menangis. Beliau bertanya mengapa mereka menangis. Dikatakan kepada beliau bahwa mereka menangis karena dosa-dosa mereka. Beliau berkata, bahwa mereka harus berdoa untuk diri mereka dan mereka akan diampuni.” (Bihar al-Anwar, vi, 20)

(2). Menghadapi Kengerian

Telah diriwayatkan dari Imam Ja’far As-Sadiq (as), dari bapanya bahwa beliau bersabda, “Yesus, alaihisalam, biasa berkata, “Mengingat kengerian yang tidak kamu ketahui apabila kamu menghadapinya (seperti kematian), apakah yang dapat menghindarkanmu dari mempersiapkannya sebelum ia terjadi kepadamu secara tiba-tiba? (Bihar al-Anwar, xiv, 330)

(3). Perkara Baik

Yesus (as) berkata kepada para sahabatnya: “Berilah perhatian sungguh-sungguh untuk perkara yang tidak dimakan oleh api. Mereka berkata: “Apakah ia?” Baginda berkata: “Bahwa ia adalah perkara yang makruf (baik).” (Bihar al-Anwar. xiv, 330)

(4) Memberi Makan Hewan

Imam Ja’far as-Sadiq (as) berkata, “Alkisah, apabila Yesus putra Maria (as) menyusuri sepanjang pesisir laut, beliau melempar sepotong dari rotinya ke dalam air. Kemudian, beberapa dari murid-muridnya berkata: “Wahai Roh Allah dan Kalam Allah! Mengapa engkau melakukan hal ini jikalau itu adalah makanan engkau?” Beliau berkata: Aku melakukan ini demi sebagian dari hewan di antara hewan-hewan di laut supaya mereka dapat memakannya dan pahala dari Tuhan untuk ini adalah sangat besar. (Tahdhib, iv, 105)

(5) Kaitan Antara Makan dan Lalai

Yesus (as) berkata: “Wahai bani Israel! Janganlah berlebih-lebihan dalam makan, karena mereka yang berlebih-lebihan dalam makan akan berlebihan dalam tidur, dan mereka yang berlebihan dalam tidur akan kurang bersembahyang, dan bagi mereka yang kurang bersembahyang, telah tertulis bahwa mereka adalah orang-orang yang lalai.”(Sharh Nahj al-Balaghah, xix, 188; Adab al-Nafs. i, 189)

Jesus Arab

(6) Pola Makan

Alkisah, Yesus putra Maria (as) berdiri di antara bani Israel untuk berkhotbah. Baginda berkata, “Wahai Bani Israel! Janganlah makan sebelum engkau lapar dan apabila kamu lapar maka makanlah, tetapi janganlah makan sampai kenyang, sebab jika engkau makan sampai kenyang maka leher engkau akan menjadi tebal dan pinggangmu akan berkembang gemuk dan kau akan melupakan Tuhan-mu.” (Bihar al-Anwar  xvi, 337)

DSCN1625

(7) Orang yang Terberkati

Diriwayatkan bahwa Imam Ali (as) berkata: Yesus putra Maria (as) berkata: “Terberkatilah mereka yang dalam heningnya adalah perenungan (zikr), yang pandangannya sekilas adalah suatu nasehat, yang rumahnya memuaskan dirinya dan yang menangisi kesalahan-kesalahannya dan dari tangan dan lidahnya orang-orang selamat. ” (Bihar a1-Anwar xiv, 319)

Jesus arab1

(8) Harta Benda

Diriwayatkan bahwa Yesus (as) menemukan kesalahan dalam harta benda, dan berkata: “Ia memiliki tiga ciri khas.” Ia berkata demikian: “Apakah mereka (cirikhas) itu wahai Roh Allah?” Beliau menjawab: “Seseorang memperolehnya secara tidak sah, dan apabila ia diperoleh secara  sah, ia akan menyebabkan seseorang menghabiskannya pada tempat yang benar, dan apabila seseorang menggunakanya sesuai tempatnya, pengaturannya menjaga seseorang dalam menyembah Tuhan yang esa.”(Bihar al-Anwar xiv 329)

(9) Dokter dan Penyakit

Diriwayatkan bahwa Pemimpin orang-orang yang taat [Imam Ali], salam sejahtera kepadanya, berkata: “Yesus putra Maria, salam sejahtera kepadanya, berkata: ‘Dinar adalah penyakit bagi agama, dan cendekiawan adalah dokter bagi agama. Maka, apabila kamu melihat adanya dokter yang membawa penyakit bagi dirinya sendiri, janganlah percaya kepadanya, dan ketahuilah bahwa dia tidak patut untuk menasehati orang lain. “(Bihar al-Anwar, xiv, 319)

jesus bali

(10) Keburukan Menular

Imam Ali (as) berkata: “Yesus putra Maria (as) berkata: ‘Sesungguhnya pelaku keburukan itu menular, dan sekutu mereka yang berbuat aniaya itu (juga ikut) bobrok. Maka berhati-hatilah dengan siapa engkau bersekutu.”” (Al-Kafi, ii, 640)

(11) Nasehat tentang “Sering”

Diriwayatkan bahwa Abu ‘Abd Allah,  [Imam Ja’far As-Sadiq], salam sejahtera keatasnya, berkata, “Sang Messiah alaihissalam biasa berkata, ‘Dia yang memiliki banyak kekhawatirannya, tubuhnya menjadi sakit, dia yang bertemparemen buruk, dirinya menjadi kesengsaraan baginya; dia yang sering berbicara akan sering tersandung (kesalahan), dia yang sering berdusta, kehilangan harga dirinya; dia yang bertengkar dengan orang-orang, kehilangan maruahnya.'”

(12) Kebencian Pada Ketidaktaatan

Dan Yesus (as) biasa berkata, “Wahai para rasul [murid-murid Yesus], cintailah Tuhan melalui kebencian terhadap ‘ketidaktaatan’ dan dekatilah Tuhan dengan menjauhkan (diri kalian) dari mereka, dan carilah kesenangan dengan (melakukan) yang mereka. tidak sukai  “(Bihar al-Anwar xiv, 330)

*** semua riwayat ini adalah terjemahan bebas dari akun halaman fesbuk “Imam Mehdi A.J http://www.facebook.com/ImamMehdiAJ *** mohon maaf atas setiap kesalahan terjemahan dan kata perkata. 

http://www.truthbook.com/images/site_images/William_Hole_Jesus_Washes_The_Apostles_Feet_400.jpg

Comments are closed.